Daftar isi, ini merupakan komponen yang wajib dimiliki pada sebuah buku, skripsi, makalah dan sebagainya, Namum kebanyakan orang tidak tahu 'bagaimana cara membuat daftar isi otomatis' sehingga mereka membuat daftar isi secara manual. Apabila kerjaannya atau tugas ketikannya sedikit tak masala, tapi kalau kerjaannya banyak hingga ratusan halaman atau ribuan halaman maka di wajibkan menggunakan daftar isi otomatis.
Kenapa wajib menggunakan daftar isi otomatis? Karena dapat memudahkan kita apabila terjadi perubahan di tengah-tengah halaman, cukup dengan klik kanan dan pilih update field maka secara otomatis daftar isi yang kita buat akan melakukan perubahan penomoran tanpa perlu mengedit satu-persatu.
MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMASI
Anda harus menentukan Judul dan Sub Judul (bila ada) terlebih dahulu, yang ingin dimasukan kedalam daftar isi yang dibuat. Berikut ini langkah-langkah membuat daftar isi secara otomatis, yaitu:
Pertama, sorot atau blok judul yang akan dimasukan ke dalam daftar isi, Klik Tab References kemudian pada Group Table of Content silakan pilih Add text dan pilih Level daftar pusaka dari judul tersebut.
Lakukan secara berulang ke semua judul yang ada seperti cara diatas. Dan apabila sudah selesai pemberian levelnya, arahkan kursor atau klik pada lembar kerja yang masih kosong (tempat yang akan dibuat daftar isi).
Kemudian klik Tab References kemudian masuk ke Table of Content, pilih Custom table of content... maka akan muncul kotak dialog table of content.
Silakan atur sesuai keinginan Anda atau langsung klik tombol OK, maka akan terbentuklah secara otomatis daftar isi berserta sama halamannya.
Apabila Anda melakukan perubahan dalam dokumen tersebut, silakan Anda Klik Kanan pada daftar isi kemudian pilih Update Field, maka akan muncul kotak dialog perubahan / update. yaitu: Update page number only (apabila hanya terjadi perubahan halaman saja) dan Update entire table (apa bila terjadi perubahan data table/text dan juga hamanan). Klik OK untuk melakukan perubahan.